PENGANTAR TEKNOLOGI
INFORMASI
MICROSOFT EXCELL
Disusun guna memenuhi
tugas matakuliah
Pengantar Teknologi
Informasi
PAPER
Disusun oleh :
1. Siti
Fatimah (090210204020)
2. Veny
Rosita Febriratna (100210204039)
3. Jattu
Mega Mustika (100210204097)
4. Alfian
Ikhlasul Amal (100210402123)
5. Ahmad
Hidayatullah (100210402072)
PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
SEMESTER GENAP 2010/2011
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME karena berkat rahmat dan
hidayah-Nya penyusunan paper Pengantar Teknologi Informasi dapat diselesaikan
dengan tepat waktu tanpa ada halangan yang berarti.
Sekarang ini kita sedang memasuki era reformasi. Setiap negara saling
berlomba memajukan diri dalam bidang ini. Negara yang tertinggal dibidang
Teknologi Informasi akan cenderung tertinggal dibidang – bidang yang lain. Oleh
karena itu,negara kita juga harus mempelajari dan mengembangkan bidang ini.
Upaya kami menyusun makalah ini demi mengembangkan potensi di bidang Teknologi
Informasi.
Makalah disusun berdasarkan kebutuhan mahasiswa. Dengan demikian, materi
yang dibahas dalam makalah ini sudah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dalam
ilmu teknologi. Materi yang kami susun dalam paper ini adalah microsoft excell
yang kami susun dengan sistematika yang baik dan jelas serta di tulis dengan
bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami. Dengan menggunakan paper ini maka
seorang mahasiswa akan mudah dalam mempelajari microsoft excell serta dalam
perhitungan.
Akhir kata, kami menyadari “tak ada gading yang tak retak” juga paper ini
tidak lepas dari kekurangan. Oleh karena itu,kami mengharapkan kritik dan saran
dari pengguna makalah ini terutama rekan - rekan sekalian demi tercapainya
pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya di bidang microsoft
excell. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kesediaan anda dalam memilih
paper ini sebagai panduan pembelajaran Ilmu Teknologi Informasi.
Sekian terima kasih.
Jember,19 Maret 2011Hormat kami
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi
spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling
banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal
menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam
bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk
Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari
excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan
agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih
mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting
adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian,
Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya
kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.
Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai cara
menggunakan Mikcrosoft Excel khususnya dalam dunia pendidikan.Karena fungsi
Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan khusunya bagi
para calon guru.Contoh bahwa Microsoft Excel sangat berperan penting dalam
dunia pendidikan misalnya dalam mengentri data – data nilai siswa,merangking
hasil belajar siswa,pembayaran SPP siswa,presensi kehadiran,dan lain – lain.
Dengan alasan tersebut kami menyusun makalah Microsoft Excel ini demi menunjang
bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel.Dengan demikian pembaca dapat
menggunakan makalah ini sebagai tuntunan dalam mempelajari Teknologi Informasi
khususnya dalam bidang Microsoft Excel.
1.2 TUJUAN
1. Mengetahui definisi dan fungsi Microsoft Excel
2. Mengetahui cara menggunakan Microsoft Excel dengan
baik dan benar
3. Dapat mengaplikasikan Microsoft Excel dalam bidang
pendidikan
1.3 RUMUSAN MASALAH
1. Apa definisi dan fungsi Microsoft Excel?
2. Bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel dengan baik
dan benar?
3. Bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Excel dalam
bidang pendidikan?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Definisi dan Fungsi Microsoft Excel
Definisi Microsoft
Excel
Microsoft excel adalah program aplikasi yang banyak
digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan
mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan
metode-metode pembuatan tabel dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam
penyusunan data-data sekolah, hasil-hasil penelitian, maupun dalam pembuatan
makalah pribadi.
Fungsi Microsoft Excel
1. Kalkulasi, dengan
program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik
penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat kompleks.
2. Grafik, dengan program
ini kita bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.
3. Komunikasi, dengan
program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user) lain.Program
ini sudah dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan
dimana orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang
berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama
pada saat yang bersamaan pula.
4. Internet,suatu saat
mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik pada orang lain
di tempat di seluruh dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik sekali.
5. Otomatis, dengan Excel
kita bisa menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan
perumusan yang benar,maka Excel akan langsung melakukan perubahan secara
otomatis terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.
6. Aplikasi, Microsoft
Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan fasilitas
macro.
2.2 Cara Menggunakan
Microsoft Excel
A. Menu dan icon pada
Microsoft Excel
Gambar 1. Unsur-unsur
utama Layar Microsoft Excel 2007
1. Judul
Menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama
file dari lembar kerja yang aktif.
2. Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program
yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan,
mencetak dan mempublish dokumen.
3. Akses Cepat Toolbar
(Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang
disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya
misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4. Toolbar
Merupakan deretan
tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk
mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
5. Help
Bila kita ingin
bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms.Excel
akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6. Lembar Kerja
(Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak
insertion point dan tombol pengendali.
7. Cell
Cell Aktif Penggulung vertikal
8. Lembar aktif
9. Nama Range
10. Fungsi
11. Penggulung
12. Nomor Baris
13. Nomor Kolom
B. Membuat dokumen
pengolah angka
Dari contoh pengelolaan data sederhana
kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat
huruf, cara memformat tabel dan cell. Berikut adalah contoh penerapan Microsoft
Excel dalam bidang keguruan :
Gambar 2. Pengisian Daftar Nilai Siswa
C. Penerapan Microsoft
Excel
Microsoft Excel dapat
Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 2
adalah sebagai berikut:
1. Buat Judul dan Sub
Judul Laporan
Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan
tulisan “DAFTAR NILAI SISWA” pada Cell aktif tersebut.
Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A1, A2,
A3, dan M5 seperti pada tampilan diatas.
2. Penggunaan alignment,
format font dan format Cell
Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan
kursor ke A1 kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol
Merge Cell agar judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.
Gambar 3
Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell
kemudian klik tombol Bold atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti
underline atau italic.
Selanjutnya data dapat
dilengkapi seperti Gambar 2.
3. Penggunaan format
Tabel dan Cell
Microsoft Excel menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template
seperti memberi border, warna border, warna cell dan style font dengan
kliktombol format table seperti ini , kemudia akan muncul pilihan style
formattabel seperti berikut ini.
Kita juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita
atau tidak menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti
contohnya pada Gambar 2. menggunakan format tabel dan cell sendiri dengan cara
:
Gambar 4
Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam
hal ini mulai cell A7 sampai M21, kemudian klik panah pada tombol dan pilih All
Border seperti pada tampilan dibawah ini.
Gambar 5
Untuk memberi warna pada judul tabel bisa menggunakan fasilitas format cell dengan cara blok cell A7 sampai M8 kemudian klik tombol kemudian akan muncul pilihan style cell yang akan kita pilih seperti pada tampilan dibawah ini.
Gambar 6
D. Macam-macam formula
1. =SUM(…)
Fungsinya : Untuk melakukan
penjumlahan
Bentuk umum : =SUM(range sel)
Contoh : Misalkan kita akan menjumlahkan dari
sel H5 sampai sel H15
Penulisan : =SUM(H5:H15)
2. =COUNT(…)
Fungsinya : Untuk melakukan
counter
Bentuk umum : =COUNT(range sel)
Contoh : Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai yang
berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan : =COUNT(B5:B15)
3. =MAX(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum : =MAX(range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari sederetan
sel yang berada di sel
F1 sampai sel F17
Penulisan : =MAX(F1:F17)
4. =MIN(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum : =MIN(range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan sel yang berada di sel F1 sampai
sel F17
Penulisan : =MIN(F1:F17)
5. =AVERAGE(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk umum : =AVERAGE (range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin mengetahui nilai
rata-rata dari sel A11 sampai A17
Penulisan :=AVERAGE(A11:A17)
6. =ABS(…)
Fungsinya : Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam daftar argumennya menjadi bilangan mutlak (absolut)
Bentuk umum : =ABS(range sel)
Contoh : Misalkan kita bermaksud mengetahui secara mutlak dari sel yang kita aktifkan, misal di sel F17
Penulisan : =ABS(F17)
7. =SQRT(…)
Fungsinya : Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan X tidak boleh negatif
Bentuk umum : =SQRT(range sel)
Penulisan : = SQRT(25)
8. =IF(…;…;…)
Fungsinya : Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan sebagai kunci benar
atau salah (memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk umum : =IF(logical_test ; Value_if_true ;
Value_if_false)
Contoh : Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu sel yang
berada di sel F17, tentang kriteria siswa dinyatakan lulus atau gagal dengan
ketentuan sbb.Jika nilai rata-rata siswa lebih besar samadengan 60, maka siswa dinyatakan LULUS, dan
sebaliknya.
Penulisan : =IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
artinya jika kolom F17 lebih besar sama dengan 60, maka
LULUS, jika kurang dari 60, maka GAGAL
Keterangan :
Jika kondisi di sel
F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true, jika kondisi di sel
F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false
9. =DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya : Untuk menghitung jumlah hari
Contoh : =DATE(73,8,11) Ã 26887 hari
10. =VLOOKUP
Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara
vertikal
Bentuk umum : =VLOOKUP(lookup_value; table_array;
Col_index_num; Range_lookup)
11. =HLOOKUP
Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara
horizontal
Bentuk umum :=HLOOKUP(lookup_value; table_array;
Col_index_num; Range_lookup)
12. =LEFT(…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kiri
Bentuk umum :=LEFT(teks;jumlah karakter yang
diambil)
Contoh : Misal kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17
(Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan : =LEFT(F17;3) Ã hasilnya Feb
13. =RIGHT(…;…)
Fungsinya :Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kanan
Bentuk umum :=RIGHT(teks;jumlah karakter yang
diambil)
Contoh :Misal kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17
(Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :=RIGHT(F17;3) Ã hasilnya ari
14. =MID(…;…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum :=MID(teks;start_number; number_char)
Contoh : Misal kita akan mengambil karakter baru yang ada di sel F17 (Februari)
Penulisan : =MID(F17:3:3)
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Jadi kesimpulan dari
penyusunan makalah ini mengupas tuntas tentang bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft
Excel sesuai dengan harapan. Dengan demikian sedikit banyak makalah ini dapat
membantu dalam menjawab semua rumusan masalah yang ada dan semua pertanyaan –
pertanyaan yang berhubungan dengan Microsoft Excel.
DAFTAR PUSTAKA
Diknas.Kurikulum 2004 Teknologi Informasi dan
Komunikasi.
Budi Permana.2000.Microsoft Excel 2000.Jakarta : Exel Media Komputindo.
Puji Nugroho.1995.Kumpulan Soal – soal Ujian Negara
Lotus.Jakarta : Elex Media Komputindo.
Fauzi,A., Johar Arifin, dan M. Farikhudin.1999.Aplikasi
Excel dalam Financial Terapan.Jakarta : Elex Media Komputindo.
SEMOGA BERMANFAAT GAN...!!!!!
0 komentar:
Posting Komentar