Minggu, 21 September 2014

Menambah User di Blogspot

Seperti yang sudah saya sampaikan di awal pembuatan tutorial blog dengan Blogspot ini salah satu fasilitas blogspot adalah multi user. Kita dapat menambakan beberapa user lain ke dalam blog yang kita kelola. Ini cocok untuk blog-blog organisasi, komunitas maupun blog-blog yang membutuhkan lebih dari satu penulis/kontributor.
User yang kita tambahkan kelak akan dapat kita bagi ke beberapa level ada Administrator dan Kontributor (Penulis). User Administrator adalah kita si pembuat blog sedangkan kontributor adalah user baru yang kita tambahkan. Ini tidak menutup kemungkinan untuk menjadikan Kontributor ke level Administrator. Semua bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan.
Sebelum memulai lebih jauh pastikan kita sudah masuk ke dalam halaman Admin/Dasboard. Pastikan juga bahwa user yang akan kita tambahkan adalah menggunakan email Gmail, contoh massolkeren@gmail.com.
Pada halaman Admin/Dasboard silahkan klik menu Setelan lalu klik Dasar. Di halaman utama silahkan klik Tambahkan Penulis pada bagian Penulis Blog.
Massol Panjava - Tambah User di Blogspot_1
Setelah keluar kotak seperti gambar di bawah ini, silahkan tuliskan alamat email (user yang akan kita tambahkan) lalu klik Undang Penulis.
Massol Panjava - Tambah User di Blogspot_2
Email yang ditambahkan akan mendapatkan notifikasi dari Blogspot. Silahkan gunakan browser lain untuk membuka email tersebut. Misal pada saat kita buka blogspot menggunakan Chrome, untuk membuka gmail dengan menggunakan firefox. Hal ini dilakukan agar kita tidak perlu logout terlebih dahulu dari halaman Admin/Dasboard blogspot.
Silahkan buka email dengan login ke email yang tadi ditambahkan.
Massol Panjava - Tambah User di Blogspot_3
Silahkan klik tombol Terima Undangan hingga muncul tampilan berikutnya.
Massol Panjava - Tambah User di Blogspot_4
Klik tombol Masuk.
Massol Panjava - Tambah User di Blogspot_5
Selanjutnya klik Terima Undangan
Massol Panjava - Tambah User di Blogspot_6
Halaman yang kita buka akan diarahkan ke halaman blogger.com. Silahkan buka dengan klik judul blognya.
Massol Panjava - Tambah User di Blogspot_7
Nah secara otomatis User yang kita tambahkan adalah kontributor. Menu yang tersedia di halaman Admin/Dashboard hanya Pos dan Setelan.
Massol Panjava - Tambah User di Blogspot_7
Merubah level User Kontributor (Penulis) menjadi Administrator.
Caranya pada halaman Blog Administrator (halaman Admin/Dashboard) klik menu Setelan dan klik menu Dasar.
Massol Panjava - Tambah User di Blogspot_8
 SEMOGA BERMANFAAT....!!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar