Rabu, 24 September 2014

Sejarah SEO (Search Engine Optimization)



Selamat Siang Sobat blogger semua ,bagaimana kabar sobat kalian ? baik dong pasti ?, pada siang ini saya akan menjelaskan sedikit sejarah dan perkembangan SEO (Search Engine Optimization) , mungkin diantara sobat-sobat semua ada yang belum tahu sejarah perkembangan dari SEO itu sendiri oke akan saya bahas pada artikel ini.

        Menurut Danny Sullivan istilah SEO digunakan pada tanggal 26 juli 1997 oleh sebuah pesan spam pada situs usenet. saat itu algoritma mesin pencari belum kompleks seperti yang sekarang ini sehingga sangat mudah dimanipulasi. versi awal algoritma pencarian hanya berdasarkan pada informasi yang disediakan pengelola web (webmaster) melalui meta tag pada kode HTML sebuah situs. sementara itu meta tag adalah penyedia informasi sebuah situs dengan serangkaian kata kunci. biasanya sebagian webmaster memanipulasi meta tag dengan menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan isi artikel tersebut, jadi sobat-sobat jangan kaget jika waktu itu walaupun isi konten artikelnya tentang "membuat tahu dan tempe" walaupun judul artikelnya "cara membuat blog" misalkan, waktu itu dianggap sah-sah saja karena algoritmanya pun masih tergolong jadul sehingga menghasilkan hasil pencarian yang tidak akurat dan tentu saja anda juga pasti jengkel padahal kita mencari informasi seputar bikin bakso eh yang ada isi artikelnya malah cara bikin tempe, tidak menyambung banget kan? makanya algoritma sekarang semakin canggih tentunya mengikuti perkembangan tekhnologi yang sekarang.

         Maka dari itu ada dua mahasiswa ilmu komputer dari universitas stanfold, sebut saja larry page dan sergey brin dan akhirnya mereka berhasil membangun Backrub yaitu mesin pencari sederhana yang mengandalkan algoritma, sementara algoritma yang diberi nama page rank itu merupakan berfungsi sebagai matematika komplek dan berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada situs dan analisis kualitas pada masing-masing link tersebut, mungkin ada di antara anda ada yang belum tahu google itu awalanya adalah Backrub, kemudian berganti nama menjadi Google hingga sekarang.

         Oke itulah penjelasan singkat saya tentang Sejarah SEO (Search Engine Optimization) semoga anda bisa lebih mengerti dari mana asal muasalnya SEO itu, 
semoga bermanfaat...!!!!

0 komentar:

Posting Komentar